SELAMAT DATANG DI BATIK_KU "PEKALONGAN"

Sabtu, 01 Oktober 2011

Membatik Yukk….

Siapa yang bilang membatik itu hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja? Pada dasarnya semua orang bisa membatik lho. Asalkan jika memang punya keinginan sungguh-sungguh untuk melakukannya. Gak percaya? Yukk kita buktikan
Kain batik yang indah dan menarik tentunya tidak lepas dari tangan-tangan pengrajin dalam membuat batik. Dalam hal itu, suatu pola motif indah yang dilakukan dengan tradisional dan alami akan membuat nilai suatu batik menjadi sangat tinggi dibandingkan dengan pembuatan batik menggunakan tehnik modern seperti, cap, printing, sablon, dan sebagainya.
Motif batik dibentuk dengan cairan menggunakan alat yang dinamakan canting. Canting digunakan pada kain batik yang mempunyai motif halus. Untuk motif kasar dan berukuran besar biasanya menggunakan kuas sehingga mempercepat dalam prosesnya. Fungsi cairan lilin supaya meresap ke dalam serat kain. Inilah yang dinamakan Batik Tulis. Proses pengerjaannya biasanya memakan waktu paling cepat 2 minggu sampai 1 bulan untuk menghasilkan 1 jarik batik cantik yang sempurna.
Canting untuk membatik
Lilin Panas
Selain itu, ada juga tehnik dengan mengecatkan langsung pewarna pada kain menggunakan kuas untuk membuat motif atau citra-citra tertentu. Bahkan, belakangan ini ada juga beberapa orang yang mencoba memperkenalkan cara membuat batik dengan cara menyemprotkan langsung ke tinta kain menggunakan alat yang disebut air brush. Biasanya motif yang dihasilkan adalah motif-motif pop dan kontemporer. Itu yang dinamakan Batik Print atau Cetak. Biasanya pengerjaannya juga hanya beberapa jam. Atau paling lama 1 hari dengan proses pengeringan.
Adalagi yang medianya sama menggunakan lilin, tapi prosesnya berbeda. Yaitu batik cap.  Batik cap menggunakan alat bantu cap dari tembaga atau besi yg diukir berdasarkan seni tertentu.Pengerjaan batik cap tak begitu teliti seperti batik tulis yg hrs detail,hasil batik dari setiap kain dua sisi tak pernah sama,waktunyan pun singkat dan bisa menghasilkan banyak batik,tapi kwalitasnya jauh berbeda dan harganya lebih murah.
untuk penjelasan perbedaannya di artikelku berikutnya ya :)
Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar