SELAMAT DATANG DI BATIK_KU "PEKALONGAN"

Sabtu, 09 Juli 2011

Tempat Wisata Pekalongan

Tulisan ini merupakan catatan awal Tempat Wisata Pekalongan. Pekalongan adalah nama Kota Madya dan Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, dengan Ibukota kabupaten berada di Kota Kajen. Pekalongan berbatasan dengan Laut Jawa di Utara, Batang di Timur, Banjarnegara di Selatan, dan Pemalang di Barat. Pekalongan berada di jalur pantai utara Jawa yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya.
Bagian utara Pekalongan adalah dataran rendah, sedangkan bagian selatan Pekalongan berupa pegunungan yang merupakan rangkaian Dataran Tinggi Dieng. Kali Sragi dan Kali Sengkarang beserta anak-anak sungainya, adalah sungai besar yang mengalir di wilayah Pekalongan yang bermuara ke Laut Jawa. Kajen, ibukota Kabupaten Pekalongan, berada sekitar 25 km sebelah Selatan Kota Pekalongan.

Tempat Wisata Alam, Pekalongan

  • Bumi Perkemahan, Wisata Pekalongan
Tempat wisata seluas 4 ha di Dusun Dranan, Desa Yosorejo, Pekalongan, yang telah dilengkapi dengan sarana MCK, Pendopo, Pos Jaga dan juga tempat bermain anak. 
  • Ekowisata Petungkriyono, Wisata Pekalongan 
Tempat wisata di Kecamatan Petungkriyono, di lereng Gunung Ragajambangan pada ketinggian 900 – 1600 mdpl, sekitar 30 km dari Kota Kajen, Pekalongan, berhawa sejuk, dengan air terjun, bumi perkemahan dan terdapat peninggalan sejarah.
  • Linggo Asri, Wisata Pekalongan 
Tempat wisata yang berada sekitar 37 km dari Kota Pekalongan arah Kajen, di tepi jalan provinsi Pekalongan – Banjarnegara, pada ketinggian 700 mdpl, dengan pemandian, arena taman bermain, hutan pinus Perum Perhutani, kebun binatang mini, kolam renang, villa serta penginapan, dan peninggalan lingga – yoni sekitar 500 meter dari pemandian Linggo Asri.
  • Watu Ireng, Wisata Pekalongan 
Tempat wisata di Desa Lambur, Kecamatan Kandangserang, sekitar 17 km dari Kota Kajen, Pekalongan, berupa batu hitam besar yang bagian dalam batunya diduga memiliki rongga.
  • Wisata Alam Lolong, Wisata Pekalongan 
Tempat wisata di Desa Lolong, yang berada sekitar 6 Km dari Kota Karanganyar, Pekalongan, yang terkenal dengan buah duriannya, dan ada pula jembatan batu melengkung sepanjang 25 meter yang dibangun pemerintah kolonial Hindia Belanda pada tahun 1927, melintas di atas Sungai Sengkarang.
  • Wisata Alam Rogoselo, Wisata Pekalongan
 Tempat wisata di Desa Rogoselo, sekitar 14 km dari Kota Doro, berupa cagar alam Arca Baron Sekeber dan Makam Ki Gede Atas Angin.

Tempat Wisata Curug, Pekalongan

Curug Cinde, Wisata Pekalongan
Tempat wisata air terjun yang masih sangat alami di Desa Depok, Kecamatan Lebak, sekitar 24 km dari Kota Kajen, yang dicapai melalui jalan setapak selama sekitar 2 jam dengan berjalan kaki dari Desa Depok.
Curug Muncar, Wisata Pekalongan
Tempat wisata air terjun setinggi 40 meter di Desa Curug Muncar, Kecamatan Petungkriyono. Untuk mencapai desa ini dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan sepeda motor dan lebih lama lagi dengan naik mobil, tergantung kondisi jalan. Desa pada ketinggian 1.249 mdpl ini memiliki kawasan hutan dengan kondisi yang masih terjaga.

Tempat Wisata Pantai, Pekalongan

Pantai Depok, Wisata Pekalongan
Tempat wisata di Desa Depok, Kecamatan Siwalan, Pekalongan, dimana pengunjung bisa berenang jika ombak tidak besar, yang telah dilengkapi dengan arena bermain anak-anak dan sejumlah tempat berteduh untuk menyaksikan panorama pantai dari jarak jauh.
Pantai Pasir Kencana, Wisata Pekalongan
Tempat wisata pantai yang berada sekitar 4,5 km ke arah utara Kota Pekalongan, berdekatan dengan Tempat Pelelangan Ikan dan Muara Pelabuhan Pekalongan, dengan pemandangan matahari terbit dan terbenam, dan pengunjung bisa menyewa perahu nelayan untuk berpesiar atau memancing.
Pantai Slamaran, Wisata PekalonganTempat wisata pantai di sebelah timur Pantai Pasir Kencana atau 5 km dari pusat Kota Pekalongan yang terkenal dengan legenda Ratu Pantai Utara Pekalongan, Dewi Lanjar, dimana pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam di pantai yang banyak ditumbuhi pepohonan ini.

Tempat Wisata Museum, Pekalongan

Museum Batik Nasional, Wisata Pekalongan
Tempat wisata museum di Jl. Jatayu No 3, Pekalongan, yang buka setiap hari jam 08.30 – 17.00 WIB, dengan koleksi batik dari Jogjakarta, Surakarta, Cirebon, Pekalongan, Lasem, Rembang, Tuban dan Sidoarjo, serta batik Malaysia dan batik-batik kuno.

Tempat Wisata Kerajinan, Pekalongan

Pasar Grosir Batik Setono, Wisata PekalonganTempat wisata belanja batik dan kerajinan lainnya di Jl. Raya Baros, di Jalan Raya Cirebon – Semarang, sekitar 3 km dari pusat Kota Pekalongan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar